Info seputar anime, komik, superhero, dan lain-lain yang berhubungan sama kartun. Disinilah tempatnya yang cocok untukmu.

5 Anime Terbaik Dari Sisi Cerita Rakyatnya

  Cerita rakyat biasanya erat kaitannya dengan budaya. Suatu negara yang memiliki cerita rakyat yang beragam bisa dikatakan memiliki sejarah panjang akan kepercayaan terhadap alam. Percaya akan adanya kekuatan alam yang mempengaruhi kehidupan mereka. Tidak jarang juga, cerita rakyat bermula dari adanya kematian yang tidak wajar. Itulah mengapa, Jepang merupakan negara dengan cerita rakyat berupa hantu-hantu yang begitu beragam. Selain didukung dari agama nenek moyang mereka yaitu shinto.
  Oleh karena itulah, masyarakat Jepang yang hingga kini percaya dengan cerita rakyat atau mitos-mitosnya membawa ke arah yang lebih baru dan lebih produktif. Semisal begini. Kamu tahu cerita tentang kappa? Makhluk air dari Jepang itu? Sebenarnya sejarah menuliskan tidak satupun orang jepan melihat dengan jelas makhluk itu. Bisa saja kura-kura di kegelapan malam. Namun karena cerita yang beredar cukup luas, maka banyak orang menggambarnya agar lebih mewaspadai adanya makhluk itu yang akan mencelakakan mereka.
  Dari cerita mulut ke mulut, sampailah pada sisi seni menggambar populer yaitu manga. Bisa dikatakan komik bergambar yang hitam putih. Tidak jarang juga kita sering membaca komik-komik yang bernuansa horror/hantu dari Jepang. Bukan tanpa alasan. Karena mitos selalu menarik untuk dibahas. Karena tidak pernah jelas titik temunya. Dari gambar komik tersebut, industri seni menggambar inipun berkembang. Seiring berkembangnya ke teknologi yang baru. Kita kenal sekarang sebagai Anime. Oke langsung saja ya. Anime terbaik dari sisi cerita rakyatnya dan menurutku loh... Silahkan kamu tambahkan dibawah dengan berkomentar nanti akan ditambahkan di artikel yang lainnya.

Ghost At School / Ghost Stories

  Anime ini berkisah seorang keluarga yang ditinggal oleh ibunya. Anak perempuannya yang bernama Satsuki mulai bersekolah. Keanehan disekolahpun sering terjadi dan tidak biasa. Beberapa kali ritual pengusiran hantu dilakukan namun banyak yang tidak berhasil. Bersama teman-temannya, Hajim, Momoko, Leo, berkunjung ke gedung sekolah lama.
  Ternyata, di gedung sekolah lamalah Ibu satsuki ini menyegel banyak hantu. Petualanganpun dimulai. Ceritanya menarik karena berhubungan dengan penyegelan bahkan berinteraksi dengan hantu. Ada yang baik ada yang jahat. Adapula yang tidak jelas seperti kucing yang bisa bicara yang selalu mengikuti mereka yaitu Amanojaku. Kucing itu dijadikan wadah penyegelan setan. Padahal kucingnya cukup lucu loh.
  Aku paling suka bagian waktu satsuki harus menyegel pengemudi tanpa kepala. Berkali-kali tidak kunjung berhasil. Cukup menegangkan sebenarnya. Karena waktu itu anime ini baru sekali ditayangkan. Jadi tidak bisa menebak apakah satsuki akan selamat atau tidak. Sama bagian terakhir yang mana harus berpisah dengan amanojaku, cukup sedih. 
  Anime ini aku kategorikan yang cukup mengerikan karena intro film ini sendiri. Biasanya nih ada awal mula judul serial anime hari ini apa, nah, pengisi suaranya dalam bahasa Indonesia cukup membuat merinding. Ditambah waktu itu di tahun 2000an, acara ini sempat disiarkan di televisi Indonesia pada waktu maghrib. Cocok deh. Sayangnya episode anime ini tidaklah panjang. Kalau tidak salah 20 episode saja. Terlalu cepat kalau ditayangkan di televisi setiap hari. Belum sebulan sudah kelar. Kalau kamu mau tahu atau bernostalgia, coba deh cari. Tonton, dan cukup menarik kok. 

Jigoku Sensei Nube / Guru Nube Ahli Roh

  Mungkin kamu akan kecewa karena horror yang dimaksud bukanlah benar-benar menakutkan. Cerita rakyat disini berarti unsur animenya adalah seputar dunia hantu. Banyak menceritakan tentang hantu-hantu di Jepang. Nah, salah satunya adalah anime ini. Guru Nube Ahli Roh. Sebenarnya anime ini cukup lucu. Karena tidak ada sama sekali unsur mendebarkannya. Karena memang disetting begitu. Tapi kaya akan cerita makhluk-makhluk halus yang unik-unik.
  Aku cukup suka karena anime ini berdurasi 48 episode. Agak panjanglah. Dulu ditayangkan juga di televisi. Sehingga cukup banyak tontonan saat itu. Aku suka pada bagian adanya dewa keberuntungan. Lucu karena dewa keberuntungan ini berpindah-pindah dari satu murid ke murid lainnya. Melihat wajah mereka yang senang tertimpa keberuntungan membuatku tertawa.
  Malah Pak Nube kebalikannya, tertimpa musibah terus menerus. Cerita yang agak serius itu bermula sewaktu ternyata ada beberapa musuh kuat Pak Nube yang membuatnya kewalahan. Beberapa musuh kuat seperti si guru siluman rubah yang menjadi temannya juga sempat menjadi lawan yang tangguh.
Dari berita internet, ternyata versi manganya ada terbitan terbaru loh. Ya, kabar itu sudah sejak tahun 2014 yang lalu. Entah di Indonesia ada versi buku komiknya tidak. Belum ngecek soalnya. Silahkan dicari dan ditonton untuk bernostalgia.

Inuyasha

  Nah, yang satu ini menjadi favorit. Kenapa? Karena cukup kompleks. Baik dari segi cerita rakyatnya, siluman dan hantu. Lalu dari latarnya yang dari modern ke masa lampau. Sampai cerita romantisnya juga ada. Makanya aku suka. Hehe. Inuyasha sebenarnya siluman. Tokoh utama satu lagi adalah Kagome. Cerita rakyatnya cukup banyak di anime ini. Namun lebih kepada menceritakan siluman dibandingkan hantu.
  Pencarian Shiko no Tama yang pecah berkeping-keping dan pecahannya itu membuat siluman mendapatkan kekuatan tambahan menjadi menarik. Sebenarnya yang cool itu kakaknya inuyasha. Tapi ya dinikmati saja kalau kamu mau menonton lagi dan flashback tentang galeri siluman-siluman di anime ini.

Jigoku shoujo / Hell Girl

  Anime yang cukup horror adalah Hell Girl. Cerita ini termasuk cerita rakyat menurutku karena cerita berkisah adanya rumor di anak sekolah mengenai seorang gadis dari neraka yang akan membalaskan dendam yang kita minta. Rumor yang cukup populer karena sudah cukup modern. Karena menggunakan internet dan komputer. Lain dari 3 anime sebelumnya yang merupakan cerita yang berlatar masih kuno.
  Seorang gadis dikerjain 3 orang temannya, istilahnya bullying lalu mendengar rumor di sekolah kalau ada website internet yang mampu mengabulkan permintaan untuk membalaskan dendamnya. Nah, karena semakin terdesak, dirinyapun mencoba menuliskan nama temannya itu di website tersebut. Akhirnya, dalam keputusasaan, diapun mencoba bunuh diri dari atas gedung. Tapi dia masuk ke dunia lain dan bertemu si gadis neraka. Si gadis neraka ini memberikan boneka (mirip boneka vodoo).
  Ceritanya cukup klise, seputar balas dendam, tapi menarik karena kejadian itu bisa saja diangkat dari rumor modern. Cerita rakyat ini mirip dengan Death Note. Tapi sedikit berbeda. Karena bagi yang meminta dibalaskan dendamnya akan menerima akibatnya juga. Yaitu tidak akan bisa melihat surga. Ya, klise sih, tapi menarik untuk dilihat. Silahkan dicari ya. :) Saranku, cerita ini kurang cocok untuk kamu yang butuh refreshing. Hehe. Cukup horror soalnya.

Ghost Hunt

  Satu lagi yang masih hangat nih. Ghost Hunt. Cerita soal hantu gak jauh beda dari cerita rakyat. Di Indonesia sebenarnya banyak. Tapi akhir-akhir ini banyak yang ceritanya mengadopsi dari luar. Tapi tidak masalahkan, itu bisa memperkaya budaya kita nantinya. Nah, anime ini menceritakan apa sih? Sebenarnya pemburu hantu. Awal ceritanya ada gedung sekolah tua yang sedang diteliti oleh pemuda ganteng dalam anime tersebut untuk diketahui ada aktifitas hantunya atau tidak.
  Menariknya bukan seperti cerita latar kuno. Karena pemburu hantu ini menggunakan peralatan modern seperti kamera dan handycam. Di episode pertama memang membosankan. Karena sudah lebih dari setengah film, belum juga tampak apa yang dibayangkan. Namun, hal itulah yang membuat penasaran. Nantinya malah semakin runyam karena ada exorcist (pengusir hantu) juga dan pengusir hantu yang abal-abal.
  Sayangnya di episode pertama belum menunjukkan hal yang menarik. Padahal total episodenya ada 25. Sama sedikitnya seperti Ghost At School. Ternyata memang benar, anime ini satu kasus namun dengan beberapa episode. Hantu yang muncul berupa poltergeist atau yang muncul gejala-gejala aneh tanpa wujud. Sehingga tidak seperti anime hantu atau cerita rakyat lainnya yang satu episode berakhir. Menarik bagimu yang suka dengan storyline panjang dari sebuah anime.
  Nah, cukup dulu ya, 5 anime yang menurutku terbaik dari segi cerita rakyatnya. Bisa kamu cari dan tonton untuk mengisi waktu luangmu. Salam.
Facebook Twitter Google+
 
Back To Top